Selasa, 23 Maret 2010

Cara Menghindari / Mencegah Kehamilan

Cara Menghindari / Mencegah Kehamilan
Cara Menghindari /Mencegah Kehamilan
Oleh:MiraRetno

Anda harus bersyukur bahwa anda masih bisa memiliki keturunan / mendapatkan kehamilan. Banyak diantara pasangan suami istri yang berhubungan seks / berhubungan intim secara teratur namun belum mempunyai keturunan

Seperti yang kami bahas sebelumnya di dua artikel kami mengenai tata cara mendapatkan kehamilan (memperoleh kehamilan di masa subur, orgasme dan cara mendapatkan kehamilan), kehamilan dapat terjadi kalau terjadi peleburan antara sel telur dan sel sperma (lebih dikenal dengan istilah konsepsi atau pembuahan).

Hanya bersetubuh / berhubungan seksual / berhubungan intim di luar masa subur

Dengan pengetahuan dasar mengenai konsepsi / pembuahan tersebut maka dengan mudah kita dapat menghindari / mencegah kehamilan. Sel telur hanya di keluarkan di masa subur, ini artinya tidak ada sel telur yang dapat dibuahi selama bukan masa subur. Dasar inilah yang kita gunakan untuk mencegah / menghindari kehamilan. Selama hubungan seksual / hubungan intim dilakukan di luar masa subur maka sel sperma yang dikeluarkan oleh suami tidak dapat menemui sel telur sama sekali. Cara inilah yang digunakan dalam KB (keluarga Berencana) dengan sistem kalender.

Yang perlu anda ingar di sini adalah, sel sperma dapat hidup lebih dari 48 jam. Ini berarti untuk menghindari / mencegah terjadinya kehamilan, hubungan seks tidak boleh dilakukan minimal 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah masa subur. Hal ini memang mudah bagi mereka yang bisa dengan mudah mengetahui kapan masa subur akan terjadi. Bagi anda yang belum mengerti mengenai masa subur dapat membaca artikel kami mengenai masa subur diatas.

Ejakulasi dilakukan di luar vagina

Karena kehamilan terjadi dengan adanya pertemuan antara sel telur dan sel sperma, maka salah satu cara paling ampuh yang dapat digunakan adalah dengan cara mencegah terjadinya ejakulasi di dalam vagina. Hal ini nampak mudah secara teori, namun beberapa responden mengatakan sulit untuk dilakukan mengingat sensasi yang didapatkan oleh pria / laki-laki ketika mendapatkan ejakulasi di dalam vagina lebih kuat. Alasan inilah yang kemudian menyebabkan kegagalan dalam menghindari / mencegah kehamilan.

Menggunakan kondom

Salah satu cara lain untuk menghindari / mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan jalan menggunakan kondom. Dengan cara ini sel sperma tidak akan bisa masuk ke dalam rahim karena penis terbungkus oleh kondom. Metode ini ternyata masih juga mempunyai tingkat kegagalan dalam menghindari / mencegah kehamilan karena terjadi kasus keluarnya sperma dari kondom akibat kualitas kondom yang kurang bagus ataupun pemakaian kondom yang kurang benar.

Vasektomi

Vasektomi adalah cara efektif untuk menghindari / mencegah kehamilan. Dengan dijalaninya proses vasektomi, seorang pria / laki-laki tidak mungkin lagi menyebabkan kehamilan karena sel sperma tidak ikut terpancarkan ketika terjadi ejakulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar