Senin, 21 Juni 2010

melirik wanita

Baca Kepribadian Lewat Pakaian Dalam




Sejak ditemukan seratus tahun yang lalu, bra bukan hanya berfungsi sebagai pakaian dalam wanita. Bra berkembang menjadi salah satu produk fesyen yang memenuhi kebutuhan wanita.

Setiap wanita pasti memiliki bra favorit. Dan tahukah Anda bahwa pakaian dalam yang satu ini ternyata bisa mengungkap kepribadian pemakainya.

Demi bra
Penyuka bra setengah cup ini cenderung memiliki karakter yang mengetahui kapan waktunya bersikap genit atau berterus terang. Wanita pemakai demi bra cenderung spontan dan suka mencoba hal-hal baru.

Full support bra
Mereka yang suka memakai bra dengan daya topang yang menutup penuh payudara ini, umumnya termasuk seorang yang praktis dan jujur. Mereka lebih suka mengatakan apa yang ada di pikiran, sedikit temperamen dan senang melakukan hal sesuai dengan caranya sendiri.

Padded bra
Bra model ini memperbaiki bentuk payudara menjadi lebih sempurna dengan bantalan. Bila bra jenis ini menjadi favorit, kemungkinan Anda cenderung selalu membutuhkan seseorang untuk meyakinkan bahwa Anda tampil sempurna dan segalanya akan baik-baik saja. Anda juga cenderung merasa segalanya gagal jika segala sesuatu berjalan tak sesuai rencana.

Push-up bra
Penyuka bra berkawat, yang membuat payudara terangkat ini, termasuk orang yang percaya diri dan suka memamerkan hal yang Anda miliki. Walaupun kadang terlihat berlebihan, Anda tahu bahwa Anda memiliki tubuh seksi dan tak sungkan memamerkannya.

Sport bra
Penyuka bra yang berfungsi mengantisipasi gaya gravitasi ini cenderung berpikiran terbuka dan suka terhadap hal-hal berbau tantangan adalah sifat Anda. Kepribadian ekstrovert, santai dan senang melakukan aktivitas di luar ruangan adalah kegemaran Anda yang cenderung tomboi.

Underwire bra
Penyuka bra dengan penopang tambahan di bagian bawah ini umumnya termasuk seorang yang handal dan suka menolong. Mereka adalah tipe orang yang selalu tepat waktu dan suka membantu orang. Teman-teman di sekeliling mengenalnya sebagai pendengar yang baik dan selalu siap menghibur mereka saat sedih.

Strapless bra
Penyuka bra tanpa tali ini cenderung berjiwa muda dan sangat menghargai kegembiraan. Mereka melakukan segala sesuatu hanya untuk bersenang-senang dan segera merasa benci bila merasa bosan. Mereka cenderung merasa gelisah saat tidak melakukan sesuatu.

U-plunge bra
Penyuka bra yang bisa menegaskan belahan payudara ini biasanya sangat menyadari keseksian diri. Biasanya ditunjang dengan koleksi pakaian yang didominasi potongan 'cantik'. Penyuka bra jenis ini adalah seorang yang senang menjadi pusat perhatian.

Mata Menggoda di Balik Kacamata




Pemakai kacamata acapkali tak punya banyak pilihan untuk merias mata mereka. Sebab, bila riasan tidak cocok, justru akan merusak penampilan secara keseluruhan.

Namun, penata rias artis dari Los Angeles, Riku Campo mengatakan pemakai kacamata juga bisa bergaya di bagian mata tanpa terlihat berlebihan. Awali dengan memilih frame atau bingkai kacamata yang tepat.

"Desain frame sangat penting. Frame harus sesuai dengan wajah dan gaya Anda. Bahan dan warna frame memberikan gambaran jenis make up yang ingin Anda gunakan."

Gaya Katy Perry baru-baru ini dengan eyeliner bersayap dramatis mengikuti bentuk frame warna netral yang melengkung layak ditiru. "Warna mata tetap netral dengan aksen mata kucing memberi efek gaya 1950-an," kata Campo seperti dikutip Stylelist.

Anda juga bisa menggunakan frame berwarna yang dikombinasikan dengan eyeliner warna netral seperti cokelat atau kelabu. Jika Anda memilih bingkai kacamata warna hitam, sebaiknya hindari eyeliner warna-warna kuat seperti smokey eyes yang menimbulkan kesan terlalu ramai di area mata.

Para pemakai kacamata lensa plus, mata akan tampak lebih besar. Untuk mengimbanginya, gunakan eyeliner hitam pada bagian tepi dalam mata. Atau, padukan rias mata smokey eyes ringan untuk meminimalkan efek mata besar.

Tetapi, jika Anda memakai lensa kacamata negatif, mata akan terlihat lebih kecil. Untuk mengatasinya, gunakan eyeliner putih pada bagian dalam buku mata dan sentuhan bayangan lebih tebal di sudut atas dan bawah mata untuk mencipta ilusi mata lebih besar. Sedikit sentuhan shimmer warna gading akan memantulkan cahaya dan memperbesar mata.

Campo mengingatkan agar riasan mata bagi pemakai kacamata tetap simpel. Agar penampilan mata makin sempurna, jangan lupakan alis. Bentuk alis menggunakan bubuk pensil alis supaya tampilan lebih halus. Bila ingin memakai bulu mata palsu, gunakan bulu mata palsu individual dibandingkan yang tebal. "Mata akan indah tetapi tetap terlihat manis," katanya.

Cinta Sejati, atau Hanya Hubungan Fisik





Sang pria pujaan sering hadir penuh kejutan menawarkan kehangatan penuh romantika. Namun, tak jarang tiba-tiba ia 'menghilang' atau berubah 'dingin' saat dibutuhkan. Benarkah pria semacam itu menawarkan cinta sejati?

Laman She Knows menuliskan, pria semacam itu tak perlu diandalkan. Ia cenderung hanya menginginkan hubungan fisik, bukan mengikatkan cinta sejati. Berikut tujuh petanda bahwa si dia hanya menginginkan hubungan fisik.

1. 'Menghilang' saat akhir pekan
Perhatikan jadwal kehadirannya. Jika dia hanya hadir di hari kerja antara Senin dan Jumat dan selalu 'menghilang' di akhir pekan, bisa jadi dia menyembunyikan cinta sejatinya. Apalagi jika alasannya terkesan dibuat-buat dan tak masuk akal. Saat kondisi ini menimpa hubungan Anda, segera cari tahu dan tantang keseriusannya. Siapkan mental untuk meninggalkannya, sebelum Anda merana ditinggalkannya.

"Ketika saya hanya tertarik berhubungan fisik dengannya, saya tak akan pernah mengajaknya berkencan di malam minggu. Malam minggu tentu akan saya gunakan untuk kencan dengan wanita yang memang benar-benar saya cintai," kata Mike, 27, asal Chicago.

2. Kedatangannya selalu mengejutkan
Pria yang serius dengan sebuah hubungan, ia akan merawat komunikasi secara reguler dengan intens. Sedangkan pria yang datang hanya saat tertentu yang tak terduga, enyahkan dari gambaran cinta sejati. Kemunculannya yang selalu mengejutkan bisa menjadi pertanda bahwa dia datang hanya saat sedang menginginkan 'sentuhan' Anda. Setelah mendapatkan apa yang diinginkannya, dengan mudah ia akan kembali 'menghilang'.

3. Menutup 'dunia'-nya dari Anda
Mungkin saja ia begitu romantis, hangat, dan penuh cinta. Tapi, ia tak pernah menginzinkan Anda menembus 'dunia'-nya. Ia tak pernah mengajak Anda datang ke pernikahan teman atau keluarganya, dan tak pernah membawa Anda ke pesta atau kumpul dengan teman-temannya. Bisa jadi alasannya karena dia menyembunyikan kekasih lain.

4. Tak ingin terikat
Dia sangat menikmati keintiman dengan Anda. Tapi, dia menghindar saat dituntut perlunya status hubungan. Dia biasanya akan mengatakan sejumlah kalimat penolakan seperti, belum siap memiliki pacar, masih memiliki banyak masalah pekerjaan dan keluarga, atau masih takut patah hati. Dalam kondisi ini, Anda harus berani membuat keputusan tegas untuk meninggalkannya sebelum Anda dijadikan objek kesenangannya.

5. Muncul di waktu yang tak normal
Tak peduli seberapa baik dan romantisnya dia, Anda patut curiga jika dia selalu hadir di waktu-waktu yang tak normal, seperti tengah malam, hanya untuk mencari 'kehangatan'. Anda harus curiga ketika Anda sulit menghubungi atau bertemu dengannya di waktu-waktu senggang seperti saat makan malam. Bisa jadi dia sibuk dengan cinta sejatinya pada waktu-waktu normal.

6. Malas membalas sapaan elektronik
Jangan berharap lebih jika pria pujaan Anda tak pernah bersemangat membalas sapaan mesra Anda lewat SMS, Facebook, e-mail, atau media komunikasi lainnya. Jika memang mencintai Anda, dia tak mungkin membiarkan pesan Anda menjadi sampah selama berjam-jam, berhari-hari, atau bahkan tanpa balas. Itu menjadi petanda bahwa dia hanya memiliki hasrat seksual saat berhadapan dengan fisik Anda.

7. Pembicaraan hanya seputar seks
Dia selalu mesra saat bertemu dengan bumbu pembicaraan bertema seks. Tapi, dia tak pernah tertarik membicarakan kehidupan pribadinya seperti keluarga, teman, pekerjaan, atau topik menarik lainnya. Sudah bisa dipastikan, dia tak memiliki cinta sejati. Dia hanya bisa menikmati tubuh Anda.

Empat Manfaat Bercinta Bagi Kulit



Dunia kecantikan terus bereksperimen menciptakan produk kosmetika pencegah keriput. Padahal banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menghambat penuaan dini. Salah satunya, dengan berhubungan seksual.

Seperti dikutip dari laman Shine, seksolog Dr Gloria G Bramer membeberkan rahasia kecantikan kulit lewat hubungan seks. Apa saja manfaat seks untuk kulit?

Membuat Kulit Bercahaya
Bramer mengatakan bahwa melakukan hubungan seks meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu untuk memompa oksigen ke kulit, sehingga membuatnya lebih cerah. Kondisi ini juga membantu menghilangkan racun dan membuat bibir merah merekah.

Mengontrol Jerawat
Sama seperti orang-orang yang rutin melakukan olahraga, Bramer mengatakan, berhubungan seks mengurangi kadar hormon. Hasilnya? Kulit tampak lebih bersih dan terhindar dari jerawat, juga bisa membuat rambut sehat.

Mencegah Kulit Kering
Hubungan seksual dapat menjaga kulit Anda tetap hidrasi, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, dan memberikan kelembaban kulit. Meski demikian, Anda tetap harus mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari.

Obat Awet Muda
Hubungan seksual akan meningkatkan produksi kolagen, yang berperan sebagai tongkat penghapus kerut di wajah dan mengencangkannya. Cara ini menjadi alternatif ampuh bag mereka yang memiliki aktivitas supersibuk. Sebab, stres dan lelah bisa mempercepat penuaan.

Mencari Zona Erotis Kenikmatan Pada Wanita dan Pria ( G-Spot )



Setiap orang pria maupun wanita memiliki zona-zona tertentu yang merupakan pusat rangsangan dalam berhubungan seks. Zona ini merupakan pusat rangsangan yang akan memicu seluruh aktivitas seks dalam mencapai orgasme yang luar biasa. Dimana saja letaknya.
Zona G Pada Wanita

Setelah mengetahui keistimewaan dan manfaat dari titit G ini, ada baiknya anda mulai mencoba mencari dan menemukannya. Perlu diketahui bahwa tidaklah mudah untuk menemukannya dan perlu waktu untuk mendapatkan daerah yang tepat. Karenanya jangan putus asa jika belum ketemu, karena jika berhasil menemukannya maka anda akan sangat senang dan puas.

Lokoasi tepat dari zona G ini adalah berada dibelakang dinding depan vagina, disekitar (belakang) garis bulu kemaluan. Di daerah antara bibir vagina dan leher rahim. Seperti sebuah jam kecil dalam vagina, dengan penunjukkan 12 jam ( tempat khusus). Tetapi zona G pada wanita adalah arah pukul 11 dan pukul 1.

Anda dapat mencarinya sendiri dengan jari-jari anda, tetapi lebih disarankan agar dilakukan bersama pasangan anda. Hal ini karena bisa jari jari-jari anda kurang panjang atau memiliki keterbatasan untuk menjangkaunya. Alasan digunakannya jari pasangan anda adalah karena dengan jari pasangan anda dapat mengatur tekanan yang terukur dan dengan jari akan lebih mudah untuk merasakan suatu getaran.

Pada praktek pencariannya, Anda/wanita dapat tidur telentang, biarkan jari-jari pasangan anda menari-nari. Gerakan jari naik-turun dan keluar-masuk, harus dilakukan dengan perlahan-lahan dan lembut. Seterusnya bisa ditambah kekuatannya dengan menekan lebih keras.

Setelah terkena rangsangan, daerah tersebut akan mengeras seperti penis saat terangsang. Saat itulah anda/wanita dapat merasakan dan bisa mengidentifikasikan daerah tersebut. Anda dapat juga melakukan rangsangan eksternal, yaitu dengan menekan daerah perut. Memang saat itu mendadak anda terasa mau buang air kecil pada rangsangan pertama, namunsetelah pemijitan dilakukan sampai sepuluh detik, rasa yang muncul hanyalah sensasi kenikmatan yang hebat.

Setelah mengetahui dengan tepat letak zona G tersebut, anda/pria bisa melakukan perubahan teknik baik dengan tekanan tangan atau lidah untuk membuat batas-batas orgasme tetap menjulang tinggi. Dan faktanya adalah pengguasaan teknik baru anda kuasai saat itu.

Tindakan yang anda dan pasangan lakukan tersebut biasa disebut langkah-langkah pada zona G untuk memperlambat dan menyisakan orgasme. memperlambat proses orgasme tersebut dengan maksud untuk mengumpulkan gelora orgasme baik yang didapat melalui rangsangan klitoris maupun zona G. Kombinasi keduanya akanmenghasilkan suatu puncak yang berupa orgasme dasyat, karena konsentrasi yang terdapat di daerah kemaluan secara bersamaan serasa keluar dari tubuh.

ZONA G ALA KAMASUTRA

Posisi dalam bersengama sangat berkaitan dengan pencapaian orgasme, bahkan dengan posisi saat berhubungan seks memiliki arti penting sebab posisi tersebut dapat apakah terkena dengan mutlak atau tidak sama sekali.

Seorang wanita bernama Lisa Kranisky bercerita "Aku merasakan orgasme yang luar biasa saat berada diatas tubuh suamiku, karena saat senjatanya menembus kemaluanku, miliknya itu tepat mengenai bagian depan dinding vaginaku."

Selain posisi tersebut masih banyak posisi lain yang dapat memberikan orgasme ala zona G. Orgasme dapat terjadi karena saat penis melakukan penetrasi di liang vagina, pada saat itulah di mungkinkan zona G dapat terkena. Posisi lain yang baik adalah posisi konvensional dimana wanita ada di bawah telentang dan pria di atasnya. Pada posisi ini dianjurkan untuk menganjal atau meletakkan bantal di bawah pantat wanita. Dengan posisi ini besar kemungkinan saat penis masuk akan mengenai zona G dan pada saat yang sama dapat juga mengenai klitorisnya sekaligus. Dengan menganjal pantat wanita dengan bantal juga membuat penetrasi di mungkinkan bisa full atau sedalam mungkin.

Anda dan pasangan dapat mencoba gaya atau posisi lainnya yang mungkin belum pernah anda lakukan. Selain sebagai sarana mencapai kepuasan, posisi dan gaya yang bervariasi juga merupakan wujud interaksi antara suami dan istri.

ZONA G PADA PRIA

Selain wanita pria juga mempunyai zona G ini. Letaknya tepat di bawah kemaluan, persisnya disaluran prostat. Dengan gelitikan dan sentuhan dari yang lembut sampai yang kuat akan memberikan sensasi dan rangsangan birahi padanya. saluran prostat tersebut memang berperan terhadap rangsangan dalam tubuh laku-laki saat dia tengah terpicu rangsangan seksualnya. Organ-organ tersebut memang sangat kaya dengan simpul syaraf yang sangat sensitif.

POMPA PROSTATNYA

Cara paling mudah untuk merangsang pada pria adalah, lakukan sentuhan atau gelitikan pada daerah buah zakarnya. Daerah ini secara teknis merupakan daerah yang bebas dari bulu-bulu kemaluan sehingga dengan mudah rangsangan dilakukan pada daerah ini.

Wilayah antara buah zakar, prostat sampai dengan anus pada pria biasanya disebut dengan perineum. Tekan atau pompa daerah ini dengan gerakan yang lembut disertai pijatan-pijatan sensual. Saat melakukan pijatan tersebut perhatikan posisi dan langkah selanjutnya. Mintalah pria pasangan anda untuk tidur telentang dan duduklah diantara kedua kakinya. Dengan satu tangan pijatlah perineumnya, anda dapat juga mengunakan minyak pelumas khusus yang disukai. Hal ini dimaksudkan untuk memberi aksen pada gerakan atau pijatan yang anda lakukan.

Saat hendak mencapai orgasme, dengan gelagat yang ditunjukkannya, segera hentikan manuver tersebut, hal ini untuk memberikan tambahan sensasi yang membawa pada batas puncak kenikmatan. Selain itu anda juga dapat melakukan hal lain, saat memijat zona G tersebut. Tapi perlu diingat untuk melakukan istirahat sebentar sebab manuver pompa tersebut dapat menimbulkan efek hilangnya mati rasa pada zona tersebut.

Dengan gelitikan dan sedotan dengan mulut pada daerah perenium juga di sarankan tangan anda menekan bagian tersebut. "Saat istriku mulai melakukan oral dan jari-jari tangannya menekan daerah bawah kemaluanku, aku merasakan suatu sensasi orgasme yang luar biasa yang belum pernah aku rasakan sebbelumnya" kata seorang pria bernama Bernie

Jurus Ampuh Ciptakan Sensasi Bercinta




Hubungan mesra dan hangat di awal pernikahan bisa berubah menjadi tawar seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa berbagai trik diperlukan untuk menjaga gairah pasangan pasangan tetap menggebu.

Psikolog Stella Resnick, PhD, sekaligus penulis 'The Pleasure Zone' memaparkan beberapa jurus ampuh untuk menciptakan sensasi bercinta, seperti dikutip dari laman Cosmopolitan.

Kaos fantasi
Naikkan libido pasangan dengan godaan busana seksi. Tidak harus dengan lingerie berenda, Anda bisa menggoda pasangan dengan tank top atau kaus putih tipis yang tidak sengaja basah sehingga membentuk siluet tubuh.

Dengan kostum semacam itu, pasangan pasti tanggap untuk segera meresponsnya. "Pakaian menciptakan erotisme dan misteri. Lekuk tubuh akan terbentuk dan menampilkan Anda dalam bentuk feminin dan menggoda," kata Resnick.

Matikan AC
Keringat memiliki efek menyegarkan bagi kehidupan seksual. "Saat berkeringat, pasangan akan tertarik pada feromon yang diekskresikan kulit," kata psikiater Alan Hirsch, dari Research Foundation di Chicago. Feromon berfungsi menambah gairah asamara pasangan.

Matikan AC dan perlahan pijat pasangan. Lakukan gerakan memijat disertai sentuhan lembut dan hembusan napas ke bagian sensitif. Anda berdua mungkin tidak akan menyelesaikan sesi pijat, dan segera meluncur ke 'pergulatan' sensasional.

Membuai 'titik panas'
Sebuah kejutan dingin di bagian kulit akan meningkatkan gairah dan memberi kenikmatan berbeda.

Gunakan botol sprai untuk menyemprot air es ke kulit pasangan demi memicu respons lebih intens. Bagian dada, belakang leher, paha dalam, tulang selangka, atau bagian belakang lutut Anda adalah bagian yang paling manjur sebagai 'titik panas'.

Nyalakan bara
Es krim dan buah segar mampu membuat sensasi segar dan menggairahkan. Selingi kegiatan saling menyuap camilan dingin dan tinggalkan jejak di tubuhnya. Tak akan butuh waktu lama untuk membuatnya 'menyala'.

Nikmati suasana
Jangan tergesa-gesa menyalakan AC usai berhubungan intim. Biarkan tubuh tetap hangat dan nikmati pos-orgasmic dalam tubuh. Bila Anda langsung menyalakan AC atau mandi air dingin, tubuh akan syok dan segera terbangun dari pascaklimaks. Sebaiknya, nikmati dan mengobrol santai dengan pasangan sebagai afterplay.

STRATEGI PEMENANGAN KANDIDAT PEREMPUAN DALAM PEMILU

0 comments
Apakah perbedaan antara taktik dan sebuah strategi? Menurut jenderal Prusia yang terkenal, Carl von Clausewitz: “Taktik adalah seni menggunakan ’kekuatan bersenjata’ dalam pertempuran sedangkan srategi merupakan seni menggunakan pertempuran untuk memenangkan peperangan dan bertujuan mencapai perdamaian.“ Dalam strategi ini, tujuan-tujuan jangka pendek dicapai melalui taktik. Namun, tanpa strategi, taktik tidak ada gunanya. Demikian pun dalam pemilu, diperlukan strategis dan kecermatan (seperti persiapan dan perumusan konsep-konsep dan ide jangka panjang serta penerapan kebijakan dan kampanye pemilu) sebagai jalan untuk memenangkan pertarungan politik dan pembangunan berkelanjutan setiap lembaga demokratis.Di dalam pemilu, tujuan dari setiap strategi bukanlah kemenangan yang dangkal – tapi perdamaian yang mendasar. Dalam istilah politik, ’perdamaian’ ini berarti: penerangan terhadap program-program yang tepat dan reformasi. Jika tujuan jangka panjang – strategi - ini tidak tampak, misi bagi kemenangan akan tampak sebagai perjuangan bagi kekuasan dan kekayaan pribadi. Perdamaian inilah yang sebenarnya diimpikan masyarakat namun sebagaimana kita ketahui pemilu penuh dengan intrik politik dan kekerasan akibat dominnasi oleh kaum laki-laki.

Tidak bisa kita pungkiri, kemampuan perempuan secara politik memiliki banyak keterbatasan. Walaupun telah ada perempuan yang telah bergelut di Parlamen Nasional dan pemerintahan, namun dari segi kuantitas masih sangat sedikit yang memiliki keahlian sebagai politikus yang handal. Telah menjadi rahasia umum, banyak kandidat perempuan pada partai-partai politik kecil bukan lahir dari dorongan sendiri tapi didorong oleh pihak partai ataupun calon legislatif laki-laki untuk memenuhi quota 30%. Akhirnya banyak kandidat perempuan tidak melakukan strategi politik untuk meraup suara, tapi hanya pelengkap penderita saja.

Kondisi parah yang terjadi ini, diakibatkan karena kebanyakan partai tidak memiliki sistem kader yang mapan terutama bagi pendidikan kader perempuan. Akhirnya, kandidat perempuan apalagi yang baru terjun ke dunia politik menjadi bingung dan tak tahu arah gerak yang pasti. Apalagi bila menghitung jumlah politikus laki laki yang harus dilawan dalam persaingan menuju kursi kepemimpinan lokal dan nasional banyak kandidat perempuan menjadi takut dan merasa terkucilkan untuk mendapatkan memenangkan hingga dapat duduk menjadi pemimpin.

Menang dalam pemilu dan menjadi pemimimpin adalah bagian dari perjuangan panjang, niat tulus, kerja keras dan buah dari persiapan yang matang. Bentuk persiapan harus di pikirkan jauh-jauh hari, bukan merupakan sesuatu yang sifatnya instant, karena masyarakat tidak hanya memilih berdasarkan ketenaran para kandidat melainkan juga kepercayaan akan pola kepemimpinan dan kinerjanya yang sudah harus bisa dilihat. Masyarakat merindukan kemapanan, situasi yang stabil dan juga kepastian kebijakan. Masyarakat butuh perubahan yang bisa langsung di rasakan bukan hanya dengan janji-janji politis, masyarakt sudah lelah dibohongi.

Sekarang tergantung bagaimana kemudian, kandidat perempuan meramu strategi politik yang baik mulai dari pembentukan tim pemenangan, pembuatan pusat koordinasi, hingga strategi isu yang harus dimainkan dalam masa kampanye.


Tim Sukses Pemenangan Pemilu

Langkah pertama yang harus dibentuk setiap kandidat perempuan adalah membentuk tim pemenangan atau tim kampanye yang bekerja ditingkat suku. Tim pemenangan haruslah orang-orang yang mau mendengar pendapat, saran, peka terhadap perubahan strategi lawan dan dapat membaca situasi dan kondisi, serta pandai dalam mengambil sikap.

Tim inilah nantinya yang bersama-sama menggarap langkah-langkah kerja strategis dan aksi yang dibutuhkan setiap kandidat dalam memenangkan pemilu. Tim ini juga harus mampu menjadi jembatan silaturahmi antara pasangan calon yang diusungnya dengan sejumlah tokoh masyarakat yang berpengaruh di wilayah tersebut. pola tradisi sebagian masyarakat Timor Leste peran tokoh masyarakat dan agama sangat signifikan terhadap hasil perolehan suara.

Walaupun tim pemenangan merupakan penggerak inti dari penggalangan suara pemilih namun faktor dominan dari kandidat perempuan itu sendiri juga sangat menentukan untuk menggalang image dalam masyarakat.

Sebelum kandidat perempuan dan tim pemenangan melakukan programnya dalam masyarakat, diperlukan adanya assement yang baik tentang kondisi masyarakat dan strategi apa yang paling layak digunakan. Guna mendapatkan assement ini, kandidat perempuan dan tim harus melakukan survey melalui penyebaran kuesioner dengan sejumlah pertanyaan didalamnya. Penentuan pertanyaan didalam kuesioner tidak boleh sembarangan, tapi merupakan rangkaian pertanyaan yang mengarahkan pada sosok kandidat, kebutuhan riil/mendasar dari masyarakat dapil si kandidat, hingga tanggapan masyarakat tentang kandidat untuk mengetahui sejauh mana popularitas kandidat. Kuesioner inilah, dari hasil kerjanya akan didapati sejauh mana peluang kandidat dimasyarakat, kekuatan kandidat untuk menggalang massa, apa titik kelemahan dan kelebihan kandidat, tingkat kebutuhan masyarakat secara politik dan kebutuhan riil yang akan dimasuki kandidat sebagai kekuatan isu kampanye, hingga pada taraf strategi pemenangan.

Selain survey, kandidat perempuan dan tim juga dapat melakukan wawancara atau diskusi dengan tokoh masyarakat, pakar politik, NGO, jurnalist, pemuka agama atau pemimpin adat termasuk para pemimpin pemerintahan lokal. Wawancara ini berguna untuk mengetahui analisa mendalam para tokoh kunci ini mengenai kondisi sosial politik, ekonomi, sosok kandidat, dan perkembangan isu yang menjadi fokus penting kandidat. Hasil yang didapat, kandidat nantinya dapat memainkan/memanfaatkan tokoh kunci ini sebagai informan, pengarah strategi, tindakan aksi dan pengaruh tokoh kunci tersebut. Selain hal tersebut, kandidat dan tim bisa juga melakukan fokus group diskusi untuk menggali informasi sedalam-dalamnya dimasyarakat secara langsung tentang kondisi masyarakat secara menyeluruh. Diskusi ini, mengundang masyarakat bawah dengan model diskusi di aldeia atau suku ataupun diskusi per kelompok. Dari hasil diskusi kita dapat memetakan permasalahan masyarakat, apa kebutuhan mendasar, hingga pada taraf apa yang diinginkan masyarakat dan merumuskan tindakan riil yang akan diambil. Dengan pola diskusi ini, kandidat akan mengetahui jalan berfikir dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat. Masyarakat akan ditelanjangi habis pada proses ini, sehingga kandidat bisa lebih terfokus dalam menentukan isue kampanye yang akan dibuat.

Dari assessment berupa survey, wawancara dan diskusi terfokus akan memudahkan kandidat perempuan dalam memetakan persoalan yang terjadi di masyarakat pemilih, langkah-langkah taktis yang perlu dilakukan hingga bagaimana meraih suara pemilih sebanyak-banyaknya.

Strategi Kampanye Yang Efektif

Kampanye adalah bagian strategi pemenangan yang lain yang juga merupakan akses menuju tujuan. Dalam kampanye hendaknya setiap pasangan calon memberikan beberapa visi dan misi yang jelas terhadap apa yang hendak menjadi prioritas kebijakannya nanti ketika dia menjabat, sejauh mungkin mengindari Black champagne atau kampanye yang menjelek-jelekan calon pasangan lainnya.

Contoh :

Belajar dari pengalaman berpolitik negara asal demokrasi yaitu strategi kampanye Barack Obama (Presiden Amerika terpilih), ketika menjelang hari-hari pemungutan suara, dimana lawan politiknya John M-Cain mengeluarkan strategi kampanye yang menjelek-jelekkan dirinya. Barack Obama membuat gebrakan dengan tidak balik menyerang, malah dia mengeluarkan kampanye tentang penjabaran program-program kerja yang akan dilakukan ketika dia menjabat nantinya hingga lima tahun kedepan. Artinya strategi kampanye hitam tidak akan pernah mendapat simpatik publik dalam bentuk apapun, melainkan malah akan menimbulkan penasaran lebih oleh publik terhadap calon pasangan lawannya hingga menurunkan rasa simpatik publik terhadap dirinya.

Begitupun dengan tema yang akan diangkat dalam kampanye, setiap kandidat harus dapat merespon masalah masalah apa saja yang dihadapi desa dan tema tema lainnya yang dianggap perlu disoroti misalnya tentang kelompok masyarakat marginal, masalah ekonomi, penegakan hukum, partisipasi politik perempuan, masalah tuntutan keadilan, keamanan, kesehatan, pemerintahan yang bersih, infrastruktura, masalah pluralisme dan lain-lain.

Kandidat juga harus dapat menemukan strategi atau kegiatan yang murah, massal dan tepat sasaran. Disini diharapkan kandidat perempuan bisa menciptakan inovasi-inovasi baru dalam mendapatkan simpati masyarakat dengan juga melihat masalah anggaran dan sumber daya yang dimiliki.

Contoh kegiatan yang bisa dilakukan :

- Mengunjungi fasilitasaun umum yang ada di suku/desa seperti pusat kesehatan umum, pusat pendidikan, pasar dan lainnya

- Melakukan dialog dengan pemilih pemula yang ada di sekolah (SMA), kelompok pemuda, kelompok perempuan lokal, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemimpin adat setempat,

- Pemtaran film dan music

- Mengadakan sebuah talk show di radio komunitas setempat yang menghadirkan masyarakat lokal (perempuan), pemuda dan lainnya.

- Ditingkat nasional, organisasi yang memperhatikan kepentingan wanita harus dapat memfasilitasi promosi para kandidat yang akan bertarung di level desa/suku menggunakan media komunikasi nasional seperti TVTL, RTL, jaringan radio komunitas, media printing nasional seperti STL, Timor Post, Diario dan sebagainya

- Kelompok kelompok relawan yang berdiri juga akan sangat membantu melakukan kampanye di tingkat desa dan aldeia.

Untuk memuluskan kegiatan ini diperlukan persiapan material kampanye berupa sticker, leaflet, bendera, spanduk, kaos, brosur dan lainnya dengan asumsi material tersebut dibagikan kepada simpatisan dan masyarakat yang ada di desa.

Sosialisasi Profil Kandidat

Metode memperkenalkan diri, menjabarkan program kerja, tujuan utama kemenangan dan juga apa yang sudah pernah dilakukan adalah metode yang sangat signifikan terhadap kunci menuju kemenangan. Sosialisasi yang matang, adalah sosialisasi yang direncanakan jauh-jauh hari dengan melihat kondisi serta situasi di lapangan. Peng-iklanan diri harus dilakukan dengan jalan memahami budaya yang ada dan memahami issue yang paling trend pada saat itu. Terkait status incumbent sedikit banyak juga mempengaruhi, karena secara langsung ataupun tidak status incumbent lebih memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik.

  • - Pertanyaan yang harus dipahami dalam melakukan sosialisasi.
  • - Siapakah dirimu ?
  • - Apa saja yang sudah pernah kamu lakukan?
  • - Apakah yang bisa kamu buat di daerah ini ?
  • - Apa saja strategi kebijakan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kebodohan dan kemiskinan di desa setempat?
  • - Berapa banyak yang bisa kamu lakukan untuk desamu?
Konsep strategi politik itu sendiri paling baik bila dijelaskan, dipahami dan diingat serta diletakkan dalam konteks praktis. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan melihat bagaimana strategi dapat diterapkan dalam praktik (baik berhasil maupun tidak). Konteks praktis ini akan berujung di hari –H pemilihan dimana semua proses yang memanas dalam masa kampanye akhirnya akan meredup. Saat itulah para kandidat akan mengetahui apakah strategi yang mereka rencanakan, organisasikan dan terapkan dalam waktu yang lama akan membawa keberhasilan atau tidak kepada mereka. Setelah pemilu selesai apapun hasilnya diperlukan sebuah analisis untuk dapat menganalisa faktor-faktor yang bisa menguntungkan kandidat di pemilu selanjutnya.

Strategi Pemenangan

Latar Belakang

Daerah Bali sejak lama sudah merupakan suatu wadah terjadinya pergaulan nasional maupun internasional, dimana tamu – tamu mancanegara dan nusantara hadir di Bali untuk menikmati keindahan alam, budaya, yang unik dan bernafaskan agama Hindu.

Ekosistem Bali tidak saja didukung oleh sumber daya alam, tetapi juga kebudayaan yang sarat dengan nilai – nilai kehidupan yang bernuansa Hindu dengan filosofis Tri Kaya Parisuda, artinya bahwa lokal genius Bali terakomodasikan secara sinergis dari budaya Bali dengan kekentalan estetikanya, religius, keharmonisan, kedinamisan menunjukkan cara berpikir, berbicara dan berbuat.

Kebudayaan Bali yang dijiwai oleh agama Hindu memberikan ciri yang khas kepada masyarakat Bali sebagai komunitas yang ritualistik dalam sistem agama, sistem budaya, sistem sosial yang tumbuh subur di Bali.

Sebagai ekspresi budaya masyarakat di era globalisasi ini, maka dibutuhkan figur / pemimpin masa depan untuk menghadapi dan mempertahankan kondisi – kondisi positif yang dimiliki Rakyat Bali dan bisa menghantarkan Bali menjadi menjadi daerah Bali yang Ajeg, yaitu kuat, kokoh di segala hidup dan kehidupan.

  1. Pesta Demokrasi di Indonesia sudah diambang pintu, yaitu penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2009, dimana setiap warganegara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama, karena itu setiap orang yang sudah memenuhi aturan wajib ambil bagian dengan menyalurkan aspirasinya dalam kegiatan akbar tersebut.
  2. Pulau Bali sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI berkewajiban pula melaksanakan dan berusaha mengamankan pesta demokrasi (Pemilu) tahun 2009.
  3. Pulau Bali sebagai primadona tujuan wisata yang dikunjungi oleh wisatawan baik nasional (Wisnu) maupun internasional (Wisman) harus tetap dijaga / dilestarikan dan kita harus yakin bahwa semua itu adalah anugrah Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang merupakan warisan para leluhur.
  4. Bali telah mengalami perubahan yang sangat cepat, mengalami perkembangan yang membawa dampak pada kehidupan rakyat Bali, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif.
  5. Dampak negatif dari perkembangan dan perubahan yang sifatnya multi dimensional sedikit banyak berpengaruh pada keajegan Bali yang meliputi Parahiyangan, Palemahan dan Pawongan. Karena itu perlu diupayakan pembangunan Bali diarahkan pada peningkatan sradha dan bhakti masyarakat Bali yang mayoritas umat Hindu untuk menuju Bali yang Ajeg.
  6. Pembangunan Bali ke depan haruslah sesuai dengan prinsip – prinsip hidup dan kehidupan budaya Bali yang bernafaskan Agama Hindu. Jadi Bali yang Ajeg dengan berlandaskan Tri Hita Kerana harus dilestarikan dan diperjuangkan terus.
  7. Sebagai seorang putra Bali yang tidak boleh tinggal diam hanya sebagai penonton saja, maka harus berani dan mampu membawakan aspirasi Rakyat Bali dan memperjuangkannya melalui terjun langsung yang salah satunya adalah menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


Strategi Pemenangan

Untuk memenangkan Pemilu Calon DPD Wakil Bali, dimana calon yang maju sebanyak 30 (tiga puluh) orang dan berasal dari berbagai elemen masyarakat Bali, baik yang berdomisili di Bali bahkan yang berdomisili di luar Bali, maka perlu disusun strategi pemenangan, sebagai berikut :

  1. Penyusunan konsep pemenangan mutlak diperlukan agar ada acuan yang dipakai untuk menentukan arah dan tujuan pemenangan.
  2. Arah pergerakan pemenangan harus dilakukan terstruktur, terpogram secara efektif dan efisien.
  3. Memahami peta kekuatan pendukung dan kantong – kantong pemilih yang signifikan.
  4. Membentuk Tim Sukses yang bergerak secara langsung dan terus memantau pergeseran kekuatan pemilih.
  5. Mengedepankan independensi untuk meraup suara pemilih dengan pendekatan secara menyeluruh dengan tidak berkonsentrasi pada hanya satu partai


Langkah-Langkah Strategis

Dalam upaya merealisasi Visi & Misi (Bali yang Bagus) terdapat beberapa langkah strategis yang harus diambil dan berfokus pada arah Bali di masa depan. Terdapat kata – kata bijak yang perlu dicermati, yaitu ”If you don’t know where you are going, any road will take you there”. Sebenarnya untuk mencapai suatu tujuan memang banyak jalan yang bisa kita tempuh, namun untuk mencapai Bali yang Ajeg kita harus mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman(Analisis SWOT). Untuk itu terdapat beberapa strategi yang bisa pergunakan, antara lain :

  1. Mengintensifkan pembinaan terhadap sumber daya manusia melalui pendidikan, lebih – lebih di sektor pariwisata.
  2. Meningkatkan keperdulian masyarakat terhadap lingkungan dengan berpegang kepada konsep Tri Hita Karana, sehingga tidak ada pihak yang harus dikorbankan.
  3. Setiap kebijakan yang bersentuhan dengan kepentingan rakyat banyak harus disosialisasikan terlebih dahulu.
  4. Mengupayakan terjadinya keseimbangan dan pemerataan pembangunan di seluruh Kabupaten di Bali, guna mengurangi kesenjangan dalam kehidupan masyarakat Bali, terutama di sektor kepariwisataan.
  5. Mengajak semua unsur, elemen masyarakat Bali, setiap orang yang perduli terhadap Bali baik secara melembaga, perseorangan atau kelompok untuk menyatukan pikiran, wacana dan langkah, menguatkan komitmen untuk tetap menjaga, melestarikan Bali dengan turut berpartisipasi dan memberi kontribusi dalam menghadapi tantangan maupun ancaman era globalisasi.
  6. Memantapkan pikiran, wacana dan langkah bahwa taksu alam Bali hanya bisa dijaga dengan segala yang berjiwa bersih, ketulusan hati, keihlasan, kejujuran dan tanggung jawab ( yadnya, sradha, bhakti).

Peta Kekuatan Pemilih

PERKIRAAN JUMLAH PEMILIH

Nomor
Kabupaten/Kota
Jmlh Penduduk
Jmlh Pemilih 2004
Jmlh Pemilih 2008
1
KARANGASEM
396.542
266.713
395.409
2
KLUNGKUNG
164.586
129.086
169.035
3
GIANYAR
416.728
314.488
383.591
4
BANGLI
208.770
152.005
211.186
5
BADUNG
402.542
309.810
374.377
6
DENPASAR
497.839
394.993
463.915
7
TABANAN
403.146
289.471
405.484
8
JEMBRANA
251.164
185.974
224.990
9
BULELENG
618.036
509.210
618.076
10
PROPINSI BALI
3.351.353
2.571.732
3.246.063

WILAYAH DAN PERKIRAAN JUMLAH PENDUDUK BALI

Nomor
Wilayah
Jmlh Kecamatan
Jmlh Desa
Jmlh Penduduk
1
KARANGASEM
8
77
396.542
2
KLUNGKUNG
4
59
164.586
3
GIANYAR
7
69
416.728
4
BANGLI
4
74
208.770
5
BADUNG
6
63
402.542
6
DENPASAR
3
43
497.839
7
TABANAN
10
119
403.146
8
JEMBRANA
4
51
251.164
9
BULELENG
9
146
618.036
10
PROPINSI BALI
55
701
3.351.353

*Sensus Penduduk tahun 2002 – 2003

ANALISA DUKUNGAN

  • Sektor pendidikan :
    • Sosialisasi sudah dilaksanakan pada Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati seluruh Bali, yang memiliki Sekolah (guru & siswa kelas 3 SMA/SMK & Keluarga), Perguruan Tinggi (Dosen, Mahasiswa, Karyawan & Keluarga) .
    • Sosialisasi kepada Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi se Bali (Dosen, Mahasiswa, Karyawan).
  • Sektor Dunia Usaha :
    • Biro Perjalanan Wisata (Travel Agent).
    • Persatuan Pemandu Wisata (Guide).
    • Persatuan Hotel & Restaurant Indonesia (Hotel – Hotel, Restaurant).
    • Kamar Dagang Indonesia (KADIN).
  • Jalur Partai Politik :
    • Kerjasama dengan para Calon Legislatif (Kabupaten/Kota, Propinsi, DPR RI) dari semua partai di Bali.
  • Jalur lain :
    • LSM.
    • Cendekiawan.
    • Budayawan.
    • Dan lain – lain.

Usulan & Masukan

USULAN

  • Seluruh Rakyat Bali harus memiliki komitmen yang kuat untuk menuju Bali yang ” BAGUS ”, yaitu Berbudaya, Aman - damai, Gemah ripah, Utuh, Sejahtera.
  • Dibutuhkan figur / orang yang mampu dan mau memperjuangkan aspirasi Rakyat Bali.

MASUKAN

  • Perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intensif tentang tata cara pelaksanaan Pemilu Tahun 2009.
  • Kepada Rakyat Bali yang akan menjalankan hak pilihnya pada Pemilu Tahun 2009, agar lebih jeli dan pasti menjatuhkan pilihannya kepada orang yang tepat, agar nanti tidak terjadi penyesalan di belakang hari.
  • Semoga pikiran jernih datang dari segala penjuru dan Ida Sang Hiyang Widhi Wasa selalu melimpahkan karunianya kepada kita semua.

Bidang Pariwisata
  1. Untuk mengantisipasi lingkungan eksternal yang sangat susah diprediksi dan bahkan sering menimbulkan kejutan maka strategi yang harus dipilih adalah Diversifikasi. Hal ini dilakukan dengan mengacu kepada potensi - potensi yang ada di kabupaten/kota yang dirasakan mempunyai kekuatan namun belum diciptakan peluang.
  2. Untuk lebih memantapkan kunjungan wisatawan agar pariwisata bergairah lagi, maka perlu dilakukan promosi terpadu secara rutin dan menghindari bertindak sendiri-sendiri tanpa adanya koordinasi.
  3. Melakukan pendataan terhadap kawasan wisata diseluruh Bali melalui research/ penelitian.
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata melalui pendidikan dan penelitian.

Bidang Ekonomi
  1. Melaksanakan strategi diversifikasi yang mengacu pada potensi - potensi yang ada di kabupaten/kota yang dirasakan memiliki kekuatan, tapi belum diciptakan peluang, artinya harus berani mengambil bentuk keluar/bergeser dari leading sector yang didahului dengan pembuatan perencanaan dan program yang matang.
  2. Pada Sektor tertentu dengan focus pariwisata, maka strategi yang ditempuh adalah bertahan, dengan membuat prediksi waktu yang tepat. Disini dibutuhkan SDM yang ahli untuk menentukan batas waktu, terutama kalau dilakukan divestasi di sector lain.
  3. Mengedepankan ekonomi kerakyatan yang berbasis usaha kecil dan menengah.

Bidang Sosial Budaya

Untuk menjaga keutuhan ekologi Bali baik wilayah maupun prilaku masyarakat Bali dari sikap-sikap arogansi (politik, adat, budaya) terhadap nilai budaya Bali, maka dibutuhkan usaha untuk mewujudkan tata ruang yang bernuansakan keseimbangan hidup skala-niskala, vertical horizontal sesuai konsep Tri Hita Karana. Dalam hal ini strategi yang diambil adalah:

  1. Meninjau kembali kebijakan (dalam bentuk peraturan daerah) yang sudah tidak konsisten lagi.
  2. Adaptif terhadap perubahan dan transpormasi budaya global dengan upaya pemberdayaan masyarakat Bali secara ekonomi, budaya, politik melalui peningkatan ekonomi kerakyatan, life skill dan sebagainya.
  3. Mentransdentalkan aspek Tri Hita Karana dalam berbagai tatanan kehidupan (Poleksosbud) melalui pencerahan, pendalaman Sradha dan Bhakti serta komitmen kuat terhadap dharma agama dan Negara untuk mewujudkan Ajeg Bali.


Bidang Pertanian

Salah satu warisan nenek moyang yang mempunyai nilai yang sangat tinggi adalah sawah-sawah yang berbentuk terasering (sawah tangga bertingkat), yang menggunakan system Subak sebagai salah satu system pengairan sawah dimana Subak dikenal sebagai lembaga sosioagraris religius. Sistem Subak ini mempunyai peran ganda, yaitu disatu sisi sebagai salah satu system irigasi yang dapat dipakai untuk system pertanian, karena Subak adalah suatu badan kerjasama di bidang pengairan yang mengawasi pembagian air secara adil, sehingga memberi jaminan kepada petani kecil tidak sampai kekurangan air.

Sedangkan disisi lain Subak adalah juga sebagai obyek wisata yang perlu dipromosikan kepada pihak luar/mancanegara agar menarik wisatawan untuk berkunjung di Bali. Dari uraian diatas, maka strategi yang dilakukan adalah membuat kemasan tentang agro wisata, yaitu daerah pariwisata mancanegara. Inilah yang akan bisa memenuhi harapan daerah Bali sebagai daerah agraris yang akan memberi dampak positif kepada masyarakat Bali.


Bidang Keamanan

Sebagai daerah tujuan wisata, maka Bali tidak bisa lepas dari sentuhan dunia luar. Karena itu factor keamanan adalah sangat urgen untuk diusahakan, agar keamanan Bali tetap terkendali. Sebagai langkah strategi maka perlu diusahakan sebagai berikut :

  1. Peningkatan kesadaran hukum masyarakat yang sudah mulai bergeser sehingga menimbulkan pelanggaran-pelanggaran bahkan tindak criminal yang mengganggu kenyamanan dan keamanan Bali karena itu perlu penegakkan hukum yang lebih proaktif.
  2. Menerapkan budaya kerja dan disiplin kerja yang mengacu kepada peningkatan sense of belonging sehingga semua pihak mempunyai komitmen yang sama untuk Bali.
  3. Peningkatan disiplin yang dimulai dari diri sendiri, karena disiplin adalah langkah awal menuju sukses.

Introduction Daerah Bali saat ini adalah merupakan suatu wadah terjadinya pergaulan international, dimana tamu-tamu mancanegara dan wisatawan nusantara hadir di Bali untuk menikmati keindahan alam, budaya yang unik yang bernafaskan agama Hindu. Ekosistem Bali tidak saja didukung oleh sumber daya alam, tetapi juga kebudayaan yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan dengan nuansa Hindu.
Kebudayaan Bali yang dijiwai oleh agama Hindu memberikan ciri yang khas kepada masyarakat Bali sebagai komunitas yang ritualistic dalam system agama, system budaya, system social yang tumbuh subur di Bali.

Sedangkan local genius Bali terakomodasikan secara sinergis dari keramahan masyarakat Bali, budaya Bali, dengan kekentalan estetikanya, religius, keharmonisan dan kedinamisan menunjukan cara berpikir, berbicara dan berbuat (Filosofis Tri Kaya Parisuda), tidak saja bermakna etnisitas tetapi universal, melingkupi gerak hidup mikro dan makro, bahkan skala dan niskala.

Bali tetap berada dalam keterbukaan lintas etnik dan lintas budaya, lebih-lebih di era globalisasi, selalu bersifat konservatif terhadap tatanan nilai kehidupan yang disakralkan/ disucikan, namun sebaliknya moderat dan dinamis terhadap perkembangan Ipteks (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni). Sebagai ekspresi budaya masyarakat di abad Milenium ini, maka untuk menghadapi dan mempertahankan kondisi-kondisi positif yang dimiliki daerah Bali, maka dibutuhkanlah para penerus masa depan untuk Bali, yang bisa mengantarkan Bali menjadi daerah Bali yang Ajeg yaitu kuat dan kokoh di segala hidup dan kehidupan.
Dalam hal ini dibutuhkan sekali seseorang yang mau bekerja keras demi kepentingan persatuan dan kesatuan pulau Bali pada khususnya dan kesatuan Negara Republik Indonesia pada umumnya. Memang kualitas daripada seseorang tidak bisa dinilai dari kata-kata atau ucapanya, tapi yang paling penting adalah komitmen dan karya nyatanya. Marilah kita bersama-sama mencari solusi terbaik dengan jalan melakukan instropeksi diri dan jangan semata-mata menyalahkan pihak lain tanpa berani mengakui kekurangan diri sendiri. Mudah-mudahan sumbangan pikiran saya nantinya bisa menjadi karya nyata.


Curiculum Vitae 1. Nama Lengkap : I Gusti Bagus Yudhara.
2. Tempat/Tanggal lahir : Denpasar, 11 Juli 1941.
3. Jenis Kelamin : Laki –laki.
4. Pekerjaan : Pengusaha (Wiraswasta).
5. Agama : Hindu.
6. Status Perkawinan : Kawin.
7. Alamat Tempat Tinggal : Jalan Danau Tamblingan Nomor 121 Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar, Provinsi Bali. HP : 0811399929. Website : www.yudhara.com. E-mail: yudhara@astinatravel.com

Riwayat Pendidikan :


Riwayat Kehidupan Organisasi :


Riwayat Pekerjaan :





Visi & Misi
  • Sebuah Visi adalah presentasi dari keyakinan terhadap masa depan sebagai perkembangan dari nilai dan keyakinan , sehingga dapat diformulasikan dengan ringkas, mudah diingat, memberi inspirasi dan tantangan bagi prestasi di masa datang.
  • Visi hendaknya konsisten dengan Misi, sehingga memungkinkan fleksibelitas dan kreatifitas dalam pelaksanaannya.
  • Sebagai seorang putera Bali harus memiliki komitmen yang kuat untuk memantapkan langkah menuju Bali yang ” BAGUS ” (Berbudaya, Aman - damai, Gemah ripah, Utuh dan Sejahtera).


Visi :

”Mempertahankan dan mengembangkan Bali sebagai Daerah Pariwisata Budaya yang mampu mendorong peningkatan sektor pertanian dengan berlandaskan Konsep Tri Hita Karana untuk mencapai Ajeg Bali ”.

Misi :

  • Menuju Bali yang ” BAGUS”, yaitu Berbudaya, Aman - damai, Gemah – ripah, Utuh, Sejahtera”.
  • Menjaga dan melestarikan Bali sebagai pulau dewata yang aman dan tenteram adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar – tawar lagi, karena budaya dan taksu Bali adalah anugrah dari Ida Sang Hiyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa yang wajib dijaga.
  • Meningkatkan pengelolaan sektor pariwisata ke arah yang lebih profesional yang berpihak pada pembangunan pedesaan dan sektor pertanian serta harus melibatkan semua unsur dan seluruh masyarakat Bali, secara proporsional dan mengedepankan sekala prioritas.
  • Membangun dan mengembangkan sinergi antara pertanian dan pariwisata melalui kebijakan Agropolitan dalam upaya meningkatkan perekonomian dengan berpegang pada ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Bali.
  • Meminimalkan perbedaan yang ada dengan mengedepankan persamaan dalam persatuan dan kesatuan, menuju kedamaian yang utuh (pembangunan bangsa Indonesia yang seutuhnya).
  • Membangun keterkaitan pariwisata dengan pertanian di Bali untuk menguatkan daya saing dan pembangunan perekonomian dalam upaya mencapai kesejahteraan rakyat.

Motto

Motto

1. Hidup adalah berjuang
2. Keseimbangan adalah landasan dan strategi untuk membangun diri, keluarga, masyarakat dan bangsa

Gagasan/ Pemikiran

  1. Pembangunan Budaya Bali harus disinergikan dengan pembanguan pariwisata,dalam arti pemahaman pariwisata untuk Bali
  2. Keseimbangan dalam pembangunan hanya bisa dicapai dengan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu harus diprioritaskan anggaran untuk pendidikan, mulai prasekolah sampai perguruan tinggi.
  3. Program kesejahteraan masyarakat bisa dibantu melalui peningkatan program pertanian dengan membiakkan varietas unggul berbagai jenis tanaman dan ternak yang begitu kesohor kualitasnya seperti padi bali, salak bali, jeruk bali, sapi bali, jalak bali agar jangan sampai punah.
  4. Membangun Bali melalui peningkatan kerjasama dengan Negara lain yang cocok dengan kondisi budaya social dan perekonomian Bali. Hal ini disebabkan karena Bali adalah daerah tujuan pariwisata dan pangsa pasar utamanya adalah orang asing.

family : 1.2.3.4.dst..
foto galery....



Selasa, 08 Juni 2010

FORMAT PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
(JUDUL PROPOSAL PENDIRIAN USAHA)
A. PENDAHULUAN

1. Latar belakang pendirian usaha
2. Visi perusahaan
3. Misi perusahaan

B. TUJUAN
(tujuan didirikannya usaha tersebut)
C. KEPENGURUSAN
(struktur organisasi penanggung jawab perusahaan)
D. IDENTITAS PERUSAHAAN
1. Nama perusahaan
2. Alamat perusahaan
E. TENAGA KERJA
(nama, jumlah, jam kerja, & job description)
F. SARANA PRASARANA

(aspek bangunan, aspek peralatan kantor, aspek peralatan produksi, bahan baku dan kemasan, dan sarana penunjang lain. Lengkapi denganl ayout bangunan dan tataletak ruang)

G. PETA PEMASARAN
(strategi pemasaran / rencana pendistribusian disertai data-data /layout yang
mendukung / melengkapi dari rencana pemasaran yang akan dilakukan)
H. STUDI KELAYAKAN
(lihat format analisis usaha dalam Format Laporan
)
I. ANALISIS SWOT
(uraikan SWOT dan analisislah sehingga dapat diambil langkah-langkah yang mendukung
terwujudnya visi & misi)
J. KESIMPULAN
(beberapa simpulan data yang menjadikan perusahaan tersebut layak didirikan)

Minggu, 06 Juni 2010

kumpulan proposal

PROPOSAL

BULETIN SMP AL-HIKMAH SURABAYA

I. DASAR PEMIKIRAN

Menulis merupakan salah satu bakat yang dimiliki oleh manusia. Tentunya warga SMP Al Hikmah mempunyai bakat tersebut. Sayangnya hingga kini belum ada suatu wadah khusus di sekolah untuk ini untuk menampung tulisan warga sekolah yang gemar menulis. Kami selaku tim OSIS SMP Al Hikmah utamanya tim kreativitas, berencana membuat sebuah buletin sekolah yang nantinya akan menenampung tulisan warga SMP Al Hikmah.

Buletin ini nantinya merupakan sarana belajar bagi siswa-siswi dan seluruh warga SMP Al Hikmah dalam mengembangkan bakat menulis dan kreativitasnya. Buletin ini juga merupakan sarana berlatih bagi kami, Pengurus OSIS, utamanya Sie Kreaativitas dalam mengasah kreatifitas juga untuk merealisasikan program OSIS yang sempat tertunda pada OSIS periode sebelumnya.

II. TUJUAN

  1. Membuka sarana bagi warga SMP Al Hikmah untuk mengembangkan bakat menulis, menggambar, dan berkarya
  2. Mengasah kreatifitas siswa-siswi SMP Al Hikmah dan juga pengurus

OSIS SMP Al Hikmah Khususnya Sie Kreativitas

  1. Realisasi Program kerja OSIS bidang kreativitas

III. TEHNIS PELAKSANAAN

Secara tehnis Kegiatan terdiri dari :

1. Pembuatan Buletin periode petama dilaksanakan pada tanggal 9-12 mei 2009, dan periode ke dua tanggal 1-7 Juni 2009

2. Percetakan buletin periode pertama tanggal 12 mei 2009 dan periode kedua pada tanggal 7 Juni 2009

3. Didistribusi pada tgl 18 mei 2009 untuk buletin periode pertama dan 15 juni 2009 untuk periode kedua

IV. PENGELUARAN

- Percetakan Rp 1.000.000,- x 2 kali cetak

untuk 50 buletin setiap mencetak = Rp 2.000.000,- +

JUMLAH Rp 2.000.000,-

V. PELAKSANA PEMBUATAN

Pelaksana pembuatan ini adalah :

Pengarah : Ust. Mim Syaiful Hadi, S.Ag.

Penanggung Jawab : Ust. Sholahudin Fahmi, S.Psi.

Pembina : - Ust. Tri Bagus Sulistyo, S, Pd.

- Ustd. Sis Ariyanti, S, S.

Pelaksana : Ketua Redaksi : Muhammad Ali Irsyad

Wakil Redaksi : Shabrina Izazi Anwar

Anggota : Ramadhani Lucky Alkahfi

Arief Luckman Hakim

Bintang Putra Prasetya

Firman Kurnia Setia Budi

Rawita Rahmi Pratiwi

Arindra Risky Pramudita

Sesarina Widy R

Farah Dianti Syafira

IX. PENUTUP

Demikian proposal Pembuatan Buletin kami buat, atas segala dukungan dan demi terlaksanakannya program ini dengan baik kami ucapkan terimakasih.

Surabaya, 8 Mei 2009

Ketua OSIS SMP Al Hikmah Ketua Redaksi

Alfadz Kholifah Akbar Muhammad Ali Irsyad

Kepala SMP Al-Hikmah Pembina Osis

Mim Saiful Hadi, S. Ag. Tri Bagus Sulistyo, S. Pd.

P R O P O S A L

PERTANDINGAN BASKET PUTRI

SMP AL-HIKMAH SURABAYA

I. PENDAHULUAN

Olahraga basket di SMP Al-Hikmah bukan lagi sekedar kegiatan rutin yang wajib dilakukan para muridnya. Bagi sebagian siswa, basket sudah menjadi suatu kegiatan yang sangat mendarah daging. Dimulai dari para murid terdahulu hingga sekarang. Dengan adanya kompetisi basket yang telah dilakukan pada tahun – tahun sebelumnya, kami ingin mengukir kembali sejarah yang pernah ditorehkan dengan mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah – sekolah Islam, tetapi dengan sasaran yang lebih luas namun tetap dengan dasar tujuan yang sama, yaitu mempererat tali silaturahmi dengan sekolah – sekolah Islam lain. Selain itu, kami menjunjung sportivitas yang tinggi dalam kompetisi ini.

II. NAMA KEGIATAN

Al-Hikmah Basketball Cup ( ABC )

III. DASAR PEMIKIRAN

a. Upaya mempererat tali silaturahmi.

b. Wujud rasa cinta terhadap sesama muslim.

c. Realisasi program kerja OSIS bidang jasmani.

IV. TUJUAN KEGIATAN

a. Mempererat tali silaturahmi antar muslim.

b. Meningkatkan sifat kompetitif yang sehat.

c. Menjunjung tinggi sportivitas.

V. MANFAAT KEGIATAN

a. Rasa persaudaraan dan persahabatan semakin tertanam.

b. Timbul semangat untuk menjadi yang terbaik diantara yang lain dengan cara yang sehat.

c. Menjadikan suatu kemenangan adalah sebuah nilai tambah yang didapatkan dari kompetisi dan kekalahan adalah suatu kemenangan yang tertunda.

VI. PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan ini adalah:

1. Tim basket SMP Islam se-Surabaya dan Sidoarjo

VII. TEKNIS PELAKSANAAN

Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Tanggal : 11, 18, 25

Bulan: April 2009

Tempat: Lapangan Basket SMP dan SMA Al-Hikmah Surabaya

VIII. PELAKSANAAN KEGIATAN

Penanggungjawab Kegiatan : Ust. Mim Saiful Hadi

Pengarah Kegiatan : Ust. Sholahudin Fahmi

Pembina Osis : Ust. Tri Bagus S.

Ketua Pelaksana : Fatimah Gadi

Seksi Konsumsi : 1. Risma Nisa Fadhillah

2. Sri Rachmi Karimah Dewi

3. Fitroh Rohmadiani

Seksi Perlengkapan : 1. Farah Shabrina Amazida Yuniawan

2. Arinda Rizky Pramudita

3. Rawita Rahmi Pratiwi

Seksi Humas : 1. Zulyana Surimidani

2. Anisah Rahmania

3. Yusrina Indah Ismaningsih

Seksi Keamanan : 1. Fairuz Syafiqoh Firdausi

2. Nabila Ayu Chairunnisa

3. Ernita Nur Afifah

Seksi Penyambutan : 1. Khairiyah Nur Aisyah

2. Annora Himahta Niendy

3. Nerinda Rizky Firdaus

4. Namira Nurmalatya

Seksi Dokumentasi : 1. Sesarina Widya Rahmawati

2. Shabrina Izazi Anwar

3. Notrida Yasmina Sukmanti

IX. RENCANA ANGGARAN

Kesekertariatan : 1. ATK x 20.000 = 20.000

2. 1 Rim Kertas x 35.000 = 35.000

3.

+

3 Wasit x 100.000 x 15 Pertandingan = 4.500.000

4. 20 Amplop x 1.500 = 30.000

4.585.000

Perlengkapan : 1. 2 Peluit x 50.000 = 100.000

2. 4 Jaring Ring Basket x 9.000 = 36.000

3. 2 Papan Skor x 50.000 = 100.000

+

4. 2 Bola x 330.000 = 660.000

946.000

5. 2 Timer x 25.000 = 50.000

Konsumsi : 1. 10 Kardus Air Mineral x 20.000 = 200.000

2. 20 Konsumsi Panitia x 9.000 = 180.000

+

3. 15 Konsumsi Wasit x 10.000 = 150.000

Humas : 1. 20 Pamflet x 2.000 = 40.000

2. 2 Spanduk x 300.000 = 600.000

+

3. Pengiriman Surat x 200.000 = 200.000

+

Dokumentasi : 1. Kamera

40.000

2. 20 Cetak Foto x 2.000 = 40.000

Hadiah : 1. 2 Piala ( Juara 1 dan 2 ) x 200.000 = 400.000

+

2. 1 Penghargaan Best Player x 300.000 = 300.000

1.360.000

3. 2 Bola Basket x 330.000 = 660.000

Total Seluruhnya : 8.301.000

X. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan Al-Hikmah Basketball Cup kami buat. Atas segala dukungan dan demi terlaksananya kegiatan i ni dengan baik kami ucapkan terima kasih.

PROPOSAL KEGIATAN

Super Night untuk Pengurus OSIS SMP Al Hikmah

Periode 2009 - 2010

I. Latar Belakang

Seringkali dalam sebuah organisasi masih terjadi perbedaan pendapat dan kesalah pahaman. Hal tersebut dikarenakan kurangnya rasa solidaritas dalam organisasi tersebut. Mungkin hal tersebut juga karena k urang p em ahaman tentang OSIS itu sendiri. Padahal pada organisasi kita dituntut untuk bekerjasama dalam segala hal. Suatu kepengurusan OSIS masih memerlukan sebuah pelatihan dalam berbagai aspek, seperti pelatihan kerjasama, rasa percaya diri, pembuatan proposal, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, OSIS periode 2008 - 2009 mengadakan Program Super Night. Program ini merupakan program binaaan bagi OSIS periode 2009 - 2010 agar memiliki integritas tinggi, solidaritas yang tinggi, dan ulet dalam mengemban tugas.

II. Tujuan

1. Menghasilkan kepengurusan OSIS yang memiliki integritas tinggi, solidaritas yang tinggi, dan ulet dalam mengemban tugas.

2. Para pengurus OSIS dapat menjalankan tugas yang akan diemban dengan maksimal

III. Manfaat

1. Membina pengurus OSIS periode 2009 - 2010 agar dapat bekerja secara maksimal ketika bertugas

IV. Waktu dan Tempat

§ Hari, Tanggal : Sabt u - Ahad , 8 - 9 Agustus 2009

§ Waktu : 13.00 - 12.00

§ Tempat : K ampus SMP - SMA Al Hikmah Surabaya

V. Bentuk Kegiatan

1. Indoor and Outdoor Games

2. Materi Presentasi dan Taf aqquh F iddin

3. Pembuatan Program Kerja

VI. Rencana Anggaran

Text Box: Perlengkapan Outbound : Gelas Aqua 100 buah  Rp12.000,00  Gelang Karet Rp1000,00 Benang Bol Rp3000,00 Tongkat Pramuka 10 buah @  Rp10.000 Rp 100.000,00 Karton Tebal 5 buah @ Rp3000 Rp15.000,00 Lilin 3  pack @ Rp4000 Rp12.000,00  Hadiah : 2 Set Buku Tulis @ Rp6000  Rp12.000,00 10 Bolpoin @ Rp2000 Rp20.000,00  Konsumsi : (Nasi Kotak @  Rp15.000) Peserta 57 x 2 kali makan Rp1.710.000,00 Panitia 18 x 2 kali  makan Rp540.000,00 4 dos Aqua Gelas @ Rp20.000 Rp80.000,00  TOTAL  Rp2.505.000,00

VII. Susunan Kepanitiaan